Hang Out untuk Kesehatan Jiwa

Hang out bersama teman sering dianggap negatif. Padahal, kegitan itu bisa berfungsi untuk detoksifikasi, bahkan manjur bagi kesehatan jiwa. Penasaran?

Penyanyi dangdut kondang tanah air, Haji Rhoma Irama, dalam satu lirik lagunya berkata, “begadang,jangan begadang….kalau tiada artinya.” Entah memang Bang Haji memahami sisi ilmiah dari kegiatan begadang atau sekedar berdasarkan pengalaman pribadinya hang out bersama koleganya.

Hang out itu ga selamanya negatif,krn yang membuat negatif atau positif adalah orang yang melakukannya. Nah sekarang tinggal bagaimana cara kalian membuat acara hang out menjadi positif dan produktif. Hang out memiliki banyak sekali fungsi :
1. Melepaskan Ketegangan
Bayangkan kalian baru selesai meeting yang alot, melelahan bukan? Setelah itu kalian hang out bersama teman-teman. Dijamin segala ketegangan yang alian alami bakal pupus bersama dengan obrolan dan tawa riang.
Kegiatan tertawa, menurut penelitian, memiliki banyak manfaat, seperti merangsang otak untuk memproduksi hormon endorfin. Di mana hormon endorfin bisa menimbulkan rasa nyaman,analgesik atau mampu mengurangi rasa sakit, menghilangkan stres – tertawa terbahak-bahak memicu produksi sel limfosit sebagai pembunuh stres alami dan memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia dalam melawan infeksi. (Itulah kenapa gw sangat suka ketawa :p)
Yang paling menarik adalah, ketawa terbahak-bahak selama 1 menit disamakan dengan olahraga selama 45 menit, sehingga baik buat jantung. Jangankan saat hang out, baru memikirkan akan bertemu teman-teman saja sudah memancing produksi hormon endorfin tersebut.
2. Menciptakan Ketentraman Jiwa
Hang out bersama teman yang anda tahu dapat dipercaya dan selalu mendukung anda,bakal mampu menciptakan ketenangan jiwa karena berfungsi sebagai katalis. Pada saat itulah anda membuka topeng yang selama ini anda gunakan di kantor dan juga anda dapat menumpahkan segala unek-unek anda.
Bahkan menurut Charles Farrell, psikoterapis dari AS, teman merupakan komponen terpenting dalam kehidupan manusia, persahabatan bahkan lebih penting dari hubungan dengan pasangan, keluarga dan anak sekalipun (nanti ada pembahasan lanjutannya,jgn marah-marah dulu ya….. :p). Teman yang baik mampu membiarkan anda menjadi diri sendiri dan menyemangati agar anda melakukan hal terbaik semampu anda.
3. Mengeluarkan Racun
Secara pribadi, anda berkewajiban untuk tidak membawa ‘racun’ yang anda dapatkan di luar rumah, ke dalam rumah. Racun ini adalah, emosi berlebihan yang timbul dari suatu aktivitas di luar rumah.
Tak perlu hang out berjam-jam, cukup 30 menit saja dengan duduk-duduk di cafe menyeruput segelas cokelat hangat dan mengkonsumsi kue kegemaran, enjoy yourself. Anda dijamin mendapatkan kesegaran dan tenaga baru 😉

Semoga bermanfaat yaaa….

*materi : reader’s digest*

Iklan

2 thoughts on “Hang Out untuk Kesehatan Jiwa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s