Hilang identitas

Mungkin ini hanya ketakutan pribadi gw…ngeliat generasi muda saat ini. Awalnya melihat kasus dari adik gw sendiri, jujur, menurut gw tingkah lakunya di luar batas normal cwo seumuran dia. Gw bukan pakar psikolog, gw bukan pengamat anak-anak, gw juga bukan guru, gw hanya single parent dari anak semata wayang gw yg cwo dan kakak dari adik gw yg juga cwo. Tapi gw mengamati perkembangan mreka dan gw sangat khawatir dgn perkembangan psikologis anak-anak saat ini.

Sekarang ada istilah lebay atau alay (secara harfiah gw g tau arti sebenarnya,krn g ada dikamus besar bhs Indonesia). Karena gw suka rancu, kadang orang bertingkah laku berlebihan disebut lebay, trus ada cwo yg feminim jg dibilang lebay. Pdhal itu udah 2 sifat yg berbeda *bingung berat* ya…apapun itu istilahnya ngebuat gw pusing dan ga penting jg dibahas *nepok jidat*

Intinya gini, sekarang ini ampir semua stasiun TV (swasta) yg punya program2 unggulan yang interaktif menggunakan presenter cwo yang (spt kata anak muda skrg) lebay. Bukan lebay yang dalam arti berlebihan, tapi lebay yang lebih ke feminim. Udah gitu mreka bangga krn ga bisa bhs inggris atau bahkan mreka terliaht bodoh. Hmmm…gw peratiin, ini berdampak banyak bwt anak2 skrg.

Sedangkan teman2 sebaya gw, waktu mreka smp tuh msih sbuk ngumpulin kartu basket, ngumpulin koleksi yg menurut gw itu cwo banget. Nah….skrg?? Dgn maraknya acara interaktif di TV swasta, anak muda skrg malah sibuk menyamakan diri mreka dgn idola mreka yg lebay itu….

Kadang gw pengen ngamuk ngeliat acara TV yang ga Ada mutunya. Tapi apa kuasa gw? Yg bisa gw lakuin cuma mengontrol 2 laki-laki yg Ada di rumah gw supaya bisa berlaku normal. Sampai suatu waktu gw harus gantiin nyokap untuk ngambil raport adik gw k sekolahny. Asli…gw kaget dan terbengong-bengong ngeliat cowo2 ABG yg berseliweran d sekolah itu.

Betapa banyaknya cwo ABG yg gemulai, yg melambai, yang….klo anak skrg bilang LEBAY!!!! Mreka semua kehilangan identitas!!! Apa yg salah pada generasi mereka? Teknologi? Globalisasi? Media yg terlalu bebas?

Dan…ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menyikapi kondisi ini….

Tinggalkan Balasan

