Sekilas Membaca dan Menulis

Membaca adalah suatu proses kognitif yang rumit perihal penyampaian/pembentukan suatu arti dengan menerjemahkan serangkaian simbol. Membaca memiliki tujuan untuk mengenali suatu bahasa, berkomunikasi, berbagi informasi dan ide. Dalam semua bahasa, proses membaca merupakan interaksi yang rumit antara teks dan penulisnya. Dimana penulis dalam hal ini memiliki bahasa, pengetahuan, pengalaman dan perilaku yang terbentuk dalam lingkup sosial budaya masing2. Membaca membutuhkan latihan yang terus-menerus agar si pembaca dapat dengan cepat menangkap maksud dan tujuan dari apa yang tertulis.

Seorang pembaca dapat dengan bebas menggunakan morfem, semantik dan lainnya untuk dapat mengerti dan memahami arti dan makna dari kata/kalimat yang asing baginya. Tahap berikutnya adalah melakukan integrasi antara kata/kalimat yang dibaca dengan kerangka ilmu pengetahuan yang dimilikinya.

Setidaknya terdapat tiga tujuan yang umum dari melakukan proses membaca.

Pertama adalah pengenalan serangkaian simbol dari bacaan tersebut. Simbol disini berupa susunan huruf dan tanda baca yang membentuk kata, kemudian membentuk kalimat dan pada akhirnya menghasilkan suatu arti/makna tertentu. Dalam proses ini, pembaca mengerti secara eksplisit akan apa yang disampaikan oleh penulis.

Kedua adalah berusaha untuk berada setingkat dengan kerangka berpikir yang digunakan oleh penulis dari bahan bacaannya. Dengan berada pada tingkat ini berarti pembaca maupun penulis akan berada lebih kurang dalam kerangka/pola berpikir yang sama sehingga pembaca dapat memahami arti dibalik bacaan tersebut. Dalam proses ini, pembaca mengerti secara implisit akan apa yang disampaikan oleh penulis.

Ketiga adalah berusaha untuk mengenali si penulis. Latar belakang sosial budaya, pengalaman, perilaku dari penulis merupakan hal2 yang menjadi tujuan si pembaca. Dengan demikian selain kita melakukan analisa terhadap isi, kita juga melakukan penilaian akan kualitas bacaan.

Menulis adalah suatu bentuk perwakilan dari bahasa dalam media teks. Tulisan dibentuk menggunakan serangkaian simbol berupa huruf dan tanda baca (piktografi, logografi, sistem alfabet atau abjad dari bahasa Arab). Menulis dibedakan dengan melakukan ilustrasi seperti lukisan2 gua pra sejarah maupun lukisan dalam bentuk yang lebih modern. Pada awalnya ketika manusia2 pada peradaban kuno harus berinteraksi secara politik-ekonomi, maka penyampaian informasi, pencatatan keuangan, pencatatan sejarah dan aktivitas2 lainnya diwakili oleh dunia tulis menulis. Ketika dunia dagang berkembang pesat pada abad 400 SM, aktivitas transaksi semakin tidak terwakili dengan hanya mengandalkan daya ingat. Maka dimulailah budaya penulisan dalam media yang saat itu ada seperti tanah liat, batu, kulit kayu, kertas dll. Sebagai alat tulisnya tercatat adanya kuas, pensil, pena, stylus, dll.

Penemuan terakhir di daratan Cina menunjukkan bahwa budaya menulis telah ada pada tahun 6000 SM dengan ditemukannya simbol2 pada tulang hewan. Namun ilmuwan masih meragukan apakah penemuan ini termasuk dalam kategori bahasa teks atau hanya berupa simbol2 tertentu saja. Peradaban Mesoamerica dan Mesir kuno bahkan telah melibatkan pola kalender untuk melakukan pencatatan sejarah dunia dan kejadian2 di alam semesta.

Ilmuwan sepakat bahwa sejarah modern peradaban manusia dimulai dengan adanya rekaman dalam bentuk tulisan, sedangkan bukti sejarah tanpa adanya rekaman tertulis masuk dalam kategori prasejarah.

Disarikan dari:

http://en.wikipedia.org/wiki/Reading_(process)

http://en.wikipedia.org/wiki/Writing

http://www.phrases.org.uk/meanings/read-between-the-lines.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Abjad

http://en.wikipedia.org/wiki/Jiahu_symbols

http://www.emich.edu/english/gsp/

http://teachingtreasures.net/products/reading-and-writing.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s